Gelar Acara Hut Desa Nunuk Ke 551 Dalam Rangka Nyiramkeun Pusaka Karuhun

0
1

MAJALENGKA, newshunter307.com – Pemdes Nunuk Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka menggelar acara Hari Jadi Desa Nunuk Ke 551 , Kamis. (08/09/2022)

Dalam acara tersebut di hadiri Camat Maja dan jajaranya, Kepala Desa beserta perangkat, Ketua BPD beserta Anggotanya, LPM, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Sesepuh Desa Setempat, Tamu undangan dan warga masyarakat desa Nunuk.

Merayakan hari jadi desa Nunuk sudah menjadi Komitmen pemerintah desa dan masyarakat Nunuk baru Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, Menjaga dan melestarikan Budaya Warisan yang di gelar setiap Tahun itu sebagai bentuk menghormati para leluhur dan Mensyukuri atas Nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa.

Pemerintah desa dan Masyarakat desa Nunuk Kecamatan Maja. Masih Menyimpan berbagai Pusaka peninggalan para pendahulu, Pemdes Nunuk dan Masyarakat Desa Nunuk menggelar Acara hari jadi desa Nunuk Baru adalah sebagai bentuk Menghormati perjuangan Para leluhur dan menjaga Pusaka-pusaka leluhur dan sebagainya bentuk pembelajaran kepada generasi Muda untuk terus di lestarikan.

Dalam acara adat dan Merayakan hari jadi desa Nunuk yang Ke 551, Masyarakat sangat antusias hadiri untuk memeriahkan acara tradisi berbagai acara di gelar. Yang sangat penting dalam Acara Tradisi dan Hari jadi desa Nunuk ialah Nyiramkeun Pusaka ( mencuci Pusaka) , Warga Antusias memadati setiap lokasi walaupun cuacanya hujan tapi Antusias nya warga begitu tinggi untuk ikut hadir di acara tahunan tersebut.

” Kepala Desa Nunuk Baru Nono Sutrisno mengucapkan banyak Terima kasih Kepada warga yang sangat antusias hadir dalam acara di Hari jadi desa Nunuk walaupun cuaca hujan ini menandakan begitu besar dukungan Warga agar acara Acara Tradisi desa Nunuk terus di lestarikan dan lebih meriah dan lebih maju.

Lanjut Kades Nono mengatakan kepada Awak Media, Dalam acara hari jadi desa Nunuk yang Ke 551 berbagai kegiatan di gelar itu semua sudah menjadi tradisi masyarakat desa Nunuk Baru, itu semua sudah menjadi momen untuk melestarikan Budaya yang ada di desa Nunuk Baru, berbagai Kegiatan di gelar, di mulai dari Nyiramkeun Pusaka, kerajinan Tenun Kain Gadod, Guar bumi, dan ada Tenda-tenda yang menyediakan berbagai jajanan yang boleh di makan oleh siapa aja dan hasil bumi desa Nunuk baru, itu semua akan terus dilestarikan dan di jaga budaya yang ada di desa Nunuk Baru ini,” kata Kades.

Ditempat yang sama salah seorang warga yang hadir di acara tersebut, mengatakan, desa Nunuk itu dari abad dulu memiliki hubungan yang begitu dekat dengan Kerajaan Talaga kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Saat ini bahkan Pusaka-pusaka peninggalan Para leluhur yang ada hubungannya dengan Kerajaan Talaga, diantaranya pusaka, keris, tombak, pedang dan pusaka lainnya,” ucapnya.

Lanjut Kepala Desa Nunuk Baru Nono Sutrisno juga mengucapakan Banyak terimakasih kepada semua Pemerintahan dan unsur terkait juga Seluruh Elemen Lembaga,Organisasi,Para Tokoh, Masyarakat dan Warga Setempat yang telah membantu Terlaksananya Acara Tradisi Hari jadi desa Nunuk Baru yang Ke 551 ini dengan meriah, Aman dan Tertib. Sampai Malam penutupan digelarnya Wayang Golek.” Ucap Kades Nono Sutrisno.

( Didi / Nana Agung M )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini