Kepenghuluan Sinaboi Punya Cerita

0
57
Nina Siahaan wakil ketua Genppari Rokan Hilir

Rokan Hilir, Newshunter307.com – Nina Siahaan Wakil Ketua Genppari Rokan Hilir beliau adalah masyarakat Sinaboi. Beliau menceritakan sedikit tentang History Sinaboy kepada awak media Newshunter307.com melalui whatshapp, Jumat(23/7/2021).

Pada tahun 1940 an Sinaboi merupakan sebuah perkampungan yang belum dikenal masyarakat luas, sehingga terdapat dua versi yang berbeda tentang Sinaboy.

Nama sebelum dinamakan menjadi SINABOI yaitu :

1.Tokoh masyarakat melayu menceritakan bahwa dulunya sinaboi bernama SINOBUS yang berarti SIPENEBUS, karna konon ceritanya orang luar atau para perantau yang datang kesinaboi untuk bekerja dapat menebus atau melunasi hutang-hutangnya dikampung.

2.Tokoh masyarakat Tionghua mangatakan bahwa dulunya Sinaboi bernama CINABUY yang berarti CINA BELI, karna konon ceritanya dimasa itu sering terjadi transaksi jual beli Ubi Jalar ( KELEDEK ) antara orang luar dan orang Tionghua Sinaboi.

Adapun SINOBUS atau CINABUY bagian lautnya sebelah Utara berbatasan langsung dengan laut atau selat malaka, sehingga pada tahun 1945 didaerah ini mata pencaharianya beraneka ragam seperti Nelayan, Berkebun, buruh dan pekerja semokil yang dilakukan masyarakat setempat.

Selanjutnya pada tahun 1960 bahwa SINABUS atau CINABUY menjadi SENEBUI termasuk didalam kewenangan Bangko Kabupaten Bengkalis Dan sejalan perkembangan Zaman nama SENEBUI menjadi SINABOI dan dikenal hingga sekarang.

Pada tahun 1999 keluarlah Undang-Undang No 53 Tahun 1999 Tentang Pembentukan Kabupaten Rokan Hilir dan Sinaboi menjadi Kecamatan Pembantu yang terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Riau Nomor KPTS 296.A/VI/1999 tanggal 23 Juni 1999, Tentang Pembentukan Kecamatan Pembantu Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir, yang berasal dari Pemekaran Kecamatan Bangko dan Sinaboi menjadi Ibu Kota Kecamatan.

Sinaboi mempunyai arah tersendiri diantara berbatasan lansung dengan Selat Malaka menurut para pemuka masyarakat yang masih hidup diKepenghuluan Sinaboi, bahwa sejak tahun 1945 Sinaboi dengan Kota Madya Dumai dibatasi dengan sungai alam yaitu Senepis yang mana sebelah kiri masuk Sungai Senepis adalah Wilayah Kepenghuluan Sinaboi yang sekarang Daerah Pemekaran Sinaboi yaitu Kepenghuluan Darussalam pungkasnya.

Ade**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini