Pandemi Semakin Menjadi Jumlah Angka Pengangguran Di Garut Kian Meninggi

0
28

Garut, News Hunter 307- Adanya Wabah Pandemi Covid-19 belum bisa diprediksi kapan bisa berhenti. Tak bisa dipungkiri, dampak pandemi ini belakang jadi pemicu atas tingginya jumlah angka pengangguran di Kabupaten Garut khususnya dan umumnya Negeri ini.

Menurut catatan data statistik, angka pengangguran di Kabupaten Garut setiap tahunnya cenderung meningkat. Tercatat, pada tahun 2017 yang kemudian di 2018 ada penurunan. Namun, angka pengangguran kembali meningkay tahun pada tahun 2019 dan 2020.

Bahkan, baru-baru ini Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyampaikan, jika tingkat pengangguran mengalami kenaikan karena dampak pandemi Covid-19.

Berdasarkan data BPS, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2021 telah mencapai 8,75 juta jiwa.

Hal itu mengindikasikan adanya kenaikan bila dibandingkan dengan Februari 2020, dimana jumlah pengangguran tercatat sebesar 6,93 juta jiwa.

Peningkatan angka penganggran tersebut ditenggarai akibat jumlah pencari kerja selalu lebih besar daripada lowongan pekerjaan yang tersedia.

Maka dari hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut, menggelar rapat virtual dalam rangka strategi kolaborasi penurunan angka pengangguran melalui program yang dinamai Gerakan Tenaga Kerja Berkarya “Gentra Karya” di Kabupaten Garut. Hari Jumat,30/7/21 kemarin.

Dalam rapat virtual, Kepala Disnakretans Kabupaten Garut, Erna Sugiharti SE MM, menyampaikan, Gentra Karya dibuat sebagai upaya meningkatkan dan menyesuaikan kompetisi pencari kerja dan potensi wirausaha yang tersedia.

“Ada tiga tujuan utama dalam Gentra Karya, jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang,” ucap Erna, melalui virtual zoom.

Dikatakan Erna, pada saat diwawancarai News Hunter 307 melalui telpon selularnya. Di dalam program jangka pendek diharapkan tersusun efektif proyek perubahan, terlaksananya koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi antar seluruh stakeholder. Tersusun instruksi Bupati Garut berkenaan dengan kolaborasi dalam penurunan angka pengangguran melalui tenaga kerja berkarya di Kabupaten Garut pada masa pandemi Covid 19.katanya kepada News Hunter 307. Sabtu,31/7/21.

Menurutnya.” Untuk jangka menengah harus terbentuknya tim Gentra Karya berdasarkan surat keputusan Surat Bupati Garut, kampanye Gentra Karya, tersusunnya peraturan bupati mengenai kolaborasi dalam menurunkan jumlah angka pengangguran,” pungkas Erna, ( DK ).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini